About

Pages

Senin, 19 Januari 2015

REVIEW JURNAL


Hello everyone~
Berikut ini adalah review jurnal yang saya buat, enjoy!

REVIEW JURNAL

Jurnal penelitian ini dibuat oleh Yim-Chi Ho, Mei-Chun Cheung, and Agnes S. Chan dari Chinese University of Hong Kong. Judul jurnal penelitiannya adalah “Music Training Improves Verbal but Not Visual Memory: Cross-Sectional and Longitudinal Exploration in Children”. Penelitian ini menggunakan dua macam cara. Cara pertama adalah cross-sectional dan cara kedua adalah longitudinal. Peneliti ingin membuktikan kebenaran dari hipotesis yang menyatakan bahwa berlatih musik dapat meningkatkan memori verbal.

Cross-sectional
Sample dari metode penelitian ini adalah 90 orang laki-laki pengguna tangan kanan, murid dari sekolah Raimondi College yang rata-rata berusia 6-15 tahun. Mereka terdiri dari murid sekolah dasar dan sekolah menengah pertama khusus laki-laki di Hong Kong. Peserta dibagi menjadi dua grup. Empat puluh lima murid adalah grup yang mengikuti pelatihan musik. Mereka tergabung dalam anggota dari suatu band atau program okestra di sekolah. Mereka juga mendapatkan pelatihan musik klasik. Murid yang terpilih adalah yang telah berpartisipasi di program sekolah tersebut selama 1-5 tahun.  Durasi pelatihan musik adalah sedikitnya 1 jam per minggu oleh instruktur professional dari Hong Kong Academy of Performing Arts. Peserta sisanya adalah grup yang tidak mengikuti pelatihan musik.

Cara peneliti mengukur kemampuan verbal menggunakan HKLLT-Form One. Terdapat 16 kata dari dua daftar kata karakter cina yang disampaikan secara lisan sebanyak tiga kali. Peserta diminta untuk mengingat kembali kata-kata yang disampaikan dalam tiga test percobaan, setelah 10 menit, setelah 30 menit, dan setelah penundaan waktu. Maksimum nilai yang didapat adalah 48 poin. Sedangkan cara pengukuran kemampuan visual menggunakan BVMT-R. maksimum nilai yang didapat adalah 36 poin dari penjumlahan tiga test percobaan. Nilai retensi setelah 10 menit, setelah 30 menit dan setelah penundaan waktu. Selain mengukur kemampuan verbal dan visual, peneliti juga melakukan tes IQ kepada peserta.

Longitudinal
Sample dari metode penelitian ini sama dengan ekperimen 1. Peserta dibagi menjadi tiga grup. Grup yang melanjutkan pelatihan, grup yang berhenti pelatihan, dan grup pemula Sebanyak 33 murid dari dari grup yang mengikuti pelatihan musik melanjutkan kembali pelatihan musik. Dari 45 orang yang tidak mengikuti pelatihan musik, 17 anak diantaranya mengikuti pelatihan musik.. Cara pengukuran yang digunakan untuk ekperimen 2 ini sama dengan yang digunakan di eksperimen 1. Hasil penelitian 2 menunjukkan bahwa grup pemula dan grup yang melanjutkan pelatihan cenderung mengalami peningkatan. Peserta yang tidak melanjutkan pelatihan, tidak menunjukkan adanya peningkatan memori verbal, tetapi kemampuan mereka tetap stabil. Hal ini terjadi karena pelatihan musik yang sebelumnya mereka lakukan membawa efek yang kuat.

Inti dari kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang berlatih musik dapat meningkatkan memori verbalnya tetapi tidak pada memori visualnya, dan mereka lebih baik daripada rekan-rekannya yang tidak mengikuti pelatihan musik. Variabel (umur, level pendidikan dan lain-lain) tidak dapat membedakan kemampuan memori verbal mereka.

Peneliti telah melakukan prosedur penelitian dengan baik. Hipotesis yang dibuat oleh peneliti sesuai dengan hasil penelitiannya.



Semoga Bermanfaat!

Sumber jurnal: Chan, A.S., Ho, Y., & Cheung, M. (2003). Music training improves verbal but not visual memory : Cross sectional and longitudinal exploration in children. American Psychological Association, 3, 439-450.

0 komentar:

Posting Komentar