About

Pages

Selasa, 14 Oktober 2014

ARISTOTELES

Gambar 1. Aristoteles
Hello everyone~~
Tokoh Filsafat yang akan saya jelaskan untuk pertama kali di blog ini adalah....Aristoteles. Disini akan dijelaskan secara singkat dan yang saya ketahui tentang Aristoteles. enjoy readers!

Aristoteles adalah seorang Filsuf Yunani dan murid dari Plato. Filsafat Aristoteles mulai berkembang pada saat dia memimpi Lyceum, yang mencakup enam karya tulisnya yang membahas tentang logika, yang dianggap sebagai karyanya yang paling penting. Selain itu adalah fisika, metafisika, logika, keindahan, politik, pemerintahan, biologi, zoologi dll.

Menurut saya, Aristoteles adalah bapak ilmu pengetahuan atau sumber dari ilmu pengetahuan, sebab banyak dari pandangannya yang masih digunakan sebagai landasan teori hingga sekarang.Karena itu, nama Aristoteles sering tertulis dalam buku pelajaran, sehingga banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan Aristoteles.

Pandangan Aristoteles yang paling saya ingat adalah tentang Zoon Politicon.

"Manusia adalah makhluk yang selalu hidup bermasyarakat 
dan berinteraksi dengan orang lain"
- Aristoteles -


Disarikan dari wikipedia.com
14-10-2014

5 komentar:

  1. Hai lidya, saya masih belum paham peran aristoteles dalam bidang keindahan. Bisa kasih contohnya? Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Hi Ivana, makasih ya commentnya.. peran Aristoteles dalam bidang keindahan adalah Aristoteles memuat pandangannya tentang keindahan dalam buku Poitike. Menurut Aristoteles, keindahan adalah menyangkut keseimbangan ukuran yakni ukuran material. ia juga mengatakan bahwa keindahan adalah suatu yang baik dan menyenangkan serta tidak ada keindahan yang mutlak. Contohnya adalah keindahan karya seni.

    BalasHapus
  3. Maulidya, saya mau tanya satu hal.
    Aristoteles adalah murid dari Plato, hal itu berarti segala macam pemikirannya berdasarkan pemikiran-pemikiran Plato sebagai gurunya. Apakah ada hal yang membedakan pemikiran Plato dengan pemikiran Aristoteles?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Weni, makasih ya commentnya.. yang saya tahu, meskipun Aristoteles menjadikan hasil pemikiran Plato sebagai landasan untuk pemikirannya ,tapi sebenarnya hasil pemikiran Aristoteles bertolak belakang dengan Plato. Hal yang membedakan pemikiran Plato dengan pemikiran Aristoteles adalah kalau Plato beraliran idealis-imperalis yang bersifat matematis sedangkan Aristoteles bersifat realis dan menekankan pada kebenaran ilmiah. :)

      Hapus